Strategi Dorongan Besar, Jalan Keluar dari Prabowo


imageBuku dengan judul “Membangun Kembali Indonesia Raya, Haluan Baru Menuju Kemakmuran”, tulisan Prabowo Subianto, et. al. (2011), menuangkan serangkaian ide – gagasan bagaimana tata kelola yang baik untuk membangun Indonesia di masa depan. Data dan informasi disajikan, melandasi bagaimana sebenarnya bangsa Indonesia melaksanakan pembangunannya. Ada kemiripan dengan orde-orde sebelumnya, namun kualitas isinya disesuaikan dengan konteks kekinian, seperti permasalahan pengelolaan energi nasional dan pengejawantahan ekonomi kerakyatan.

Strategi, kata inilah yang menjadi penjelasan awal ketika tata kelola sebuah lembaga ataupun organisasi akan dijalankan. Strategi lebih menitikberatkan pada  pendekatan yang diambil dalam mendefinisikan gagasan, melaksanakan perencanaan, dan aktivitas sebagai implementasi dari perencanaan dalam kurun waktu tertentu. Pendeknya, strategi merupakan turunan dari visi dan misi, serta konkritisasi dari ideal-ideal yang ada.

Strategi Dorongan Besar (Big-Push Development Strategy), penjabaran Visi-Misi pembangunan nasional yang ditawarkan oleh Prabowo Subianto. Strategi ini diorientasikan untuk membangun pertumbuhan perekonomian yang maju, dan terdepan secara bertahap dalam waktu yang relatif cepat.  Waktu yang relatif cepat yang dimaksud bukan berarti melakukan lompatan terlalu jauh (big leap atau frog leap) yang memiliki konsekuensi terhadap pondasi perekonomian yang rapuh dan rentan. Namun lebih memfokuskan kepada sektor atau bidang usaha ekonomi domestik yang kuat dan mengakar serta memiliki keunggulan komparatif & kompetitif di level internasional.

Big Push Development Strategykemudian diturunkan ke dalam empat Strategi yang bersifat terpadu dan sinergis, yakni Strategi Pokok, Strategi Utama, Strategi Pendukung dan Strategi Implementasi. Strategi Pokok merupakan pondasi yang melandasi seluruh strategi utama, pendukung dan implementasi. Bangunan Strategi inilah yang menjadi desain aktivitas pembangunan masa depan, jika Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden 2014 – 2019.

Redaksional dari tawaran tata kelola pembangunan ala Prabowo Subianto “Strategi Dorongan Besar” :                                                                                                             – Strategi Pokok : ” Membangun Landasan yang kokoh (Build Strong Foundations)”,                                                                                                                                      – Strategi Utama : Membangun Sumber Pertumbuhan Berkualitas (develop source of quality growth),                                                                                                               – Straregi Pendukung : Membangun Lingkungan yang Memampukan (enabling environment),                                                                                                                                         – Strategi Implementasi : Menerapkan Tata Kelola yang baik (good governance)

Diamond Structure menjadi gambaran dari strategi terpadu, sinergis dan saling menguatkan dari seluruh strategi yang dipaparkan sebelumnya. Kemudian secara terperinci dipaparkan bagaimana seluruh strategi dieksekusi. Tentunya dengan berbagai langkah-langkah konkrit dan terukur.

Memang begitu indah dan terkesan menawarkan solusi bagi bangsa ini untuk keluar dari keterpurukan. Keterpurukan yang mendera, sampai-sampai terlihat bahwa rakyat sudah kebal dengan keterpurukan. Kemiskinan, pengangguran, ketidakadilan, dan sejumlah permasalahan sosial lainnya telah menjadi santapan tiap hari untuk dinikmati. Semua jalan terkesan buntu, tidak pernah ada ujung pangkal penyelesaiannya.  Jika ada pemimpin yang menawarkan dorongan besar dan terobosan yang kritis, masihkan ada setitik harapan untuk kesejahteraan bangsa ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s