Ingat…Tidak Ada Pesta Yang Tidak Akan Usai


Ini adalah pengakuan, melihat sekitar mulai tampak, kemudian berangsur buram dan tidak tampak. Sejatinya peradaban yang kita pedulikan menunjukkan keadaannya, selanjutnya pergi begitu saja. Tampak dan lenyap. Daun yang jatuh di halaman, memudar warnanya, tersapu oleh angin dan tidak lagi terlihat wujudnya. Tampak dan lenyap. Tadi kolega baru saja bercerita, menempelkan hal pada ingatan, ekspresi berujung pada pengalaman, kemudian beranjak meninggalkan kesan singkat. Tampak dan lenyap.

Sejatinya kefanaan itu nyata. Mendekat pada filsafat Mengada dan Menjadi, sebuah kebenaran pada materi dan ide yang ada dan berproses bersamaan dengan perubahannya. Meskipun sistem numeral biner itu ada, tidak tergantikan kemanjurannya pada jaman teknologi sekarang ini, tapi sejatinya dia ada di wilayah keniskalaan.

Sampailah saya pada metronom kehidupan. Meski terlihat tidak beraturan isinya, sejatinya menunjukan detak yang pasti bertempo. Tampak dan binasa. Tidak bisa tidak ini terjadi. Kriteria apapun, standirisasi, apalagi norma tidaklah abadi. Kuasa apapun untuk memberikan pengaruh tidak berkuasa atas kefanaan.

Baru saja, proses pemilihan itu usai. Kerja bersama lenyap dan tidak tampak lagi terhapus oleh independensi waktu. Ada yang lanjut dengan euforia, mengada kemudian berproses. Keyakinan itu akan berangsur tidak tampak dan lenyap.

Karena tidak ada yang berkuasa terhadap kefanaan. Ya… teman-teman, tidak ada pesta yang tidak akan berakhir. Ingat… apapun itu, saatnya bersiap jika euforia, keyakinan penuh itu memudar dan lenyap. Tidak ada yang berkuasa terhadap kefanaan. Keabadiaan itu ada. Tapi kefanaan adalah keniscayaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s