Salatiga, Butuh Keseriusan Dalam Menjalankan Otonomi


Sejalan dengan semangat pelaksanaan otonomi daerah, perlu dipikirkan langkah strategis pemerintah Kota Salatiga dalam mengupayakan optimalisasi pendapat asli daerah (PAD). Tentunya dengan kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah tersebut, dipergunakan untuk mengatur dan mengurus pembangunan wilayahnya demi mewujudkan kemakmuran masyarakat. Terlebih lagi upaya menggali secara optimal potensi-potensi PAD yang dimiliki, selanjutnya diarahkan untuk pembiayaan pembangunan secara efektif dan efisien, dengan tetap mempertimbangkan terbukanya iklim investasi yang kondusif.

Akan tetapi berdasarkan informasi yang diperoleh, peranan PAD terhadap Total Penerimaan Daerah masih cukup rendah, yakni dibawah 20%, seperti yang terlihat pada tabel 1. Hal ini mengindikasikan Kota Salatiga dianggap sebagai daerah belum optimal menjalankan otonomi. Selain itu, kemampuan PAD untuk membiayai keuangan daerah masih amat rendah, yakni tidak lebih dari 13%, menunjukkan bahwa ketergantungan terhadap dana perimbangan dari pemerintah pusat amatlah besar. Dengan demikian, intensifikasi terhadap potensi pendapatan daerah di Kota Salatiga merupakan langkah mendesak yang perlu diupayakan.

 Tabel 1.

Tingkat Kemandirian Kota Salatiga Tahun 2007-2010 (dalam Rp)

Sumber : Data Sekunder yang telah diolah, 2012

Melihat angka-angka yang ada pada tabel 1 di atas, menjadi penting menggaet para investor dalam mendukung pembangunan Salatiga, selain bagaimana melakukan intensifikasi maupun ekstensifikasi pajak. Kemandirian Kota Salatiga dapat terwujud jika seluruh komponen yang ada di Salatiga bisa saling mendukung, bukannya berupaya mementingkan kepentingan sektoral ataupun kepentingan kelompok.

Iklan

2 responses to “Salatiga, Butuh Keseriusan Dalam Menjalankan Otonomi

  1. opa, ini tulisannya belum kelar yaa…?

  2. Ini sudah selesai po… silahkan dilanjutkan sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s