Sekelumit Pemikiran Awal Studi Manajemen


Jauh sebelum “manajemen” dikenal, telah banyak organisasi formal yang telah memikirkan bagaimana organisasi agar efisien dan efektif. Marchiavelli (1531), mengenalkan beberapa prinsip-prinsip yang dapat diadaptasikan untuk diterapkan pada organisasi manajemen masa kini. Filsafat Cina Sun Tzu (2000th yang lalu) yang kemudian di modifikasi oleh Mao Zedong, mengenalkan strategi perang, yag dapat di pakai untuk merencanakan strategi yang berhububungan dengan bisnis pesaing.

Dengan demikian, Manajemen dan Organisasi merupakan produk dari sejarah, keadaan sosial dan tempat kejadian. Belajar teori manajemen membantu kita untuk membantu kita memahami manajemen dan organisasi yang semakin kompleks.

Teori ?

Teori (theory) : sekelompok asumsi yang erat berkaitan dan logis, dikemukakan untuk menjelaskan hubungan antara dua fakta atau lebih yang dapat diamati serta menyediakan dasar yang mantap untuk memperkirakan peristiwa pada masa depan.

Selain itu, dalam perkembangannya Teori dimanfaatkan untuk : pertama, memberikan fokus yang mantap untuk memahami peristiwa yang kita alami. Kedua, mempermudah kita berkomunikasi secara efisien. Ketiga, membuat dan menantang kita untuk terus belajar.

Aliran Manajemen Ilmiah (scientific Management Theory)

Beberapa Tokoh pemikir yang termasuk aliran manajemen ilmuah, antara lain :
– Frederick A. Taylor (1856-1915)
– Henry L.Gantt (1861-1919)
– Frank B. Gilberth (1868-1924) &
– Lilian M. Gilberth (1878-1972)

Secara garis besar, aliran ini menerangkan secara ilmiah metode terbaik untuk melaksanakan tugas apapun, dan untuk menyeleksi, melatih dan memotivasi pekerja. Tujuannya adalah kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas.

Teori Organisasi Klasik

Dalam Teori Organisasi klasik ini, Tokoh yang berperan penting menyumbangkan ide-idenya, antara lain:

– Henry Fayol (1841-1925)
-Max Webber (1864-1920)
– Mary Parker Follett (1868-1933)
-Chester I. Barnard (1886-1961)

Jika dicermati, Aliran ini lebih menekankan pada penumbuhan kebutuhan untuk menemukan pedoman pengelolaan organisasi kompleks.

Aliran Tingkah Laku

Aliran ini memberikan kontribusi positif dalam evolusi teori manajemen. Aliran ini memberikan tekanan bahwa keberadaan Organisasi adalah layaknya sebagai Manusia

Tokoh dalam behavioral scientist, antara lain :

Elton Mayo (1880-1949)
Abraham Maslow
Douglas McGregor

Aliran tingkah laku muncul sebagai akibat dari pendekatan klasik tidak berhasil mencapai produksi efisien dan harmoni di tempat kerja yang memadai. Pada Aliran ini, digolongkan 2 pendekatan yaitu : Gerakan hubungan manusia dan Pendekatan ilmiah Tingkah laku

Aliran ilmu Manajemen

Manajemen modern sangat dipengaruhi oleh aliran ini. Inti dari aliran ini adalah Pendekatan masalah manajemen dengan penggunaan teknik matematik untuk membuat model, menganalisis dan menyelesaikan. (Management science school)

Salah satu contoh sub-aliran dalam aliran manajemen sebagai ilmu adalah Riset Operasi (Operational research), yang merupakan teknik matematik untuk membuat model, menganalisis dan menyelesaikan masalah manajemen.

Iklan

4 responses to “Sekelumit Pemikiran Awal Studi Manajemen

  1. pak,materi ke tiga kok belum di upload?

  2. maksud saya materi manajemen dan bisnis pak………

  3. rudylatuperissa

    Ok….

  4. contohnya masing2 aliran ap boz???agk cpet y,mggu dpan bwt presentasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s